Tempat yang layak di kunjungi saat berada di Lasem


Lasem adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Indonesia. Merupakan kota terbesar kedua di Kabupaten Rembang setelah kota Rembang. Lasem dikenal juga sebagai "Tiongkok kecil" karena merupakan kota awal pendaratan orang Tionghoa di tanah Jawa dan terdapat perkampungan tionghoa yang sangat banyak tersebar di kota Lasem.

Daerah yang telah menjadi saksi peradaban manusia sejak jutaan tahun lalu ini menyimpan berjuta misteri dan potensi wisata sejarah yang siap digali. Ada apa sajakah disana? Berikut tempat yang wajib dikunjungi di Lasem

1. Kelenteng Cu An Kiong & Poo An Bio 

    Kelenteng Cu An Kiong




Kelenteng Cu An Kiong yang berada di Jalan Dasun No 19, Lasem. Kelenteng yang berada tak jauh dari jalur Pantai Utara (Pantura) Rembang ini merupakan tertua di Jawa.

Dibangun dengan sentuhan seni tinggi, Klenteng Cu An Kiong tampak kokoh walau telah berusia ratusan tahun. Tak ada catatan pasti kapan klenteng tertua di Lasem, Rembang, Jawa Tengah itu dibangun. Penjarahan oleh tentara Belanda pada masa penjajahan diyakini turut menghilangkan bukti sejarah tersebut.

Namun, menurut cerita bio kong (penjaga klenteng) di Klenteng Cu An Kiong, Irawan, 49 tahun, klenteng ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-16 oleh orang-orang Cina yang berlabuh di Lasem. Menurutnya, untuk material bangunan tidak menggunakan kayu pada kapal, melainkan kayu jati yang kala itu banyak tumbuh di Lasem.

Tak ada yang berubah dari bangunan klenteng tua ini. Hanya kini terdapat bangunan tambahan seperti ruang depan dan bangunan lain di kiri dan kanan klenteng sebagai pelengkap bangunan. Tercatat renovasi dilakukan sekali pada tahun 1838 untuk meninggikan lantai klenteng karena banjir sering melanda kala itu. Maklum klenteng itu berdiri persis di depan sungai Lasem.

Menurut pengurus klenteng Cu An Kiong, Gandor Sugiharto Santoso, dulu Lasem merupakan hutan jati yang sangat lebat. Orang Tionghoa-lah yang pertama kali membuka desa tempat berdirinya klenteng ini. Lalu penduduk mulai ramai tinggal di situ untuk berdagang hingga akhirnya Belanda datang menjajah.

Sebagai tanda sudah berbaurnya antara masyarakat Tionghoa dan pribumi. Setiap hari ulang Thian Siang Seng, yang juga jatuh sebagai hari ulang tahun klenteng, yakni pada tanggal 23 bulan 3 penanggalan Cina, klenteng akan merayakan sejumlah pergelaran wayang kulit, klonengan dan gamelan.

Menurut pria kelahiran November 1945 itu, klenteng ini dibangun oleh orang Tionghoa yang pertama kali mendarat di Lasem. Karena telah diberikan keselamatan selama berada di lautan, maka dengan senang hati mereka membangun klenteng sebagai tempat pemujaan Thian Siang Seng Bo atau Dewi Samudera.

Dari sejumlah pengurus museum Indonesia yang pernah ke Den Hag, Belanda, diketahui kalau klenteng ini dibangun pada tahun 1477 Masehi, kata dia. Orang-orang museum itu, kata dia, mengatakan bahwa catatan tentang klenteng di Jawa cukup lengkap di museum Den Hag tersebut. 

Tak hanya pada masa penjajahan Belanda klenteng Cu An Kiong diusik. Pada saat Jepang berkuasa pun klenteng juga diusik keberadaannya. Dulu, menurut Gondar, sungai di depan klenteng sangat luas dan dalam. Banyak rumah penduduk etnis Tionghoa di sepanjang aliran sungai itu. Namun, demi kepentingan jalan bagi kebutuhan pengangkut kayu tentara Jepang, akhirnya banyak rumah warga yang dihancurkan dan akses ke klenteng dipenuhi kayu-kayu.

Kini klenteng itu tetap berdiri di tengah masyarakat yang heterogen. Sebelah barat tak jauh dari klenteng terdengar riuhnya bunyi klakson dari truk tronton yang melewati jalan Pantura. Klenteng Cu An Kiong menjadi sebuah bukti sejarah bahwa masyarakat Tionghoa dapat berbaur dan melebur bersama budaya dan masyarakat Jawa.

    Klenteng Poo An Bio


Klenteng Poo An Bio terletak di Jalan Karangturi VII No. 13-15 Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi klenteng ini berada di sebelah timur Gedung Balai Kedamaian atau Vihara Maha Karuna.

Klenteng ini diperkirakan berdiri pada tahun 1740. Pada saat itu, permukiman orang Tionghoa yang semula berada di sekitar Sungai Lasem dan sekitar jalan arteri barat-timur, berkembang dan terus meluas ke selatan sampai Sungai Kemendung, Desa Karangturi. Di sebelah utara Sungai Kemendung inilah, Klenteng Poo An Bio didirikan karena keberadaannya tidak bisa dipisahkan dari komunitas Tionghoa.

Bangunan klenteng ini menghadap ke selatan atau ke arah Sungai Kemendung. Karena dulu sebelum dibuat Jalan Raya Pos (Grotepostweg) atau dikenal juga dengan Jalan Daendels, Sungai Kemendung ini termasuk salah satu urat nadi transportasi yang ada di Lasem. Setiap hari orang akan lalu lalang di atas Sungai Kemendung yang bertemu dengan Sungai Lasem, kemudian menuju ke Pelabuhan Lasem.

Meski berada di tepi jalan kampung, namun tak mengurangi kemegahan yang dimiliki oleh klenteng ini. Pengaruh konsep yin yang terlihat dari bentuk arsitektur gerbang atau shan men, yaitu berupa susunan 3 bentuk persegi yang simetris di mana pada bentuk persegi bagian tengah lebih tinggi dari bentuk persegi di sisi samping kiri dan kanan, dengan ukuran persegi di sisi kiri dan kanan sama besar.

Ragam hias suatu gerbang atau shan men biasanya berupa 2 buah naga (xing long) yang saling berhadapan dengan mutiara Buddha (huo zhu) di antara kedua naga tersebut, selain itu perletakan singa batu (hanzi) di sisi kiri dan kanan shan men merupakan satu kesatuan dengan gerbang tersebut. Hanya saja shan men yang ada di Klenteng Poo An Bio ini, hewannya tidak terlihat seperti naga.

Menoleh ke kanan setelah melewati shan men, pengunjung akan melihat tempat pembakaran kertas persembahyangan (kim lo) berbentuk seperti botol yang berwarna merah. Kemudian berjalan lurus saja sebelum masuk ke bangunan klenteng, pengunjung akan menemukan hanzi yang didampingi oleh patung dewa penjaga. Tepat di depan pintu utama klenteng, terdapat hiolo (tempat menancapkan hio) yang terbuat dari kuningan.

Klenteng Poo An Bio memiliki beberapa kelebihan, seperti adanya gambar-gambar yang dilukis dengan mo pit, dan menggunakan tinta bak warna hitam. Lukisan tersebut menceriterakan kisah Tiga Negeri yang terkenal dengan nama Sam Kok, yang tokohnya bernama Liu Bei, Kwan Kong dan Zhang Fe

2. Omah Lawang Ombo



Rumah Candu Lawang Ombo terletak di Jalan Dasun, Desa Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Jalan kampung yang tak terlalu lebar ini dikenal juga sebagai heritage streetnya Lasem. Disini tersimpan berjuta kenangan sejarah peradaban Lasem yang membisu dimakan waktu. Bangunan-bangunan kuno tersebut masih dapat dilihat hingga kini, namun sebagian besar tak terawat. Jalan Dasun bersebelahan dengan Sungai Bagan atau masyarakat lokal menyebutnya dengan Kali Lasem. Konon, dahulunya sungai ini merupakan jalur berlayar kapal-kapal dagang yang bersandar di dermaga pantai Caruban Lasem, tak jauh dari Jalan Dasun. Maka tak heran jika jalan ini memiliki peran penting bagi peradaban Lasem.

Halaman Lawang Ombo cukup rimbun oleh pohon mangga dan beberapa jenis pohon lain. Terlihat sekali gaya arsitektur tiongkok di rumah ini. Pintu utama dan dua buah jendela di sisi kiri kanannya memang benar-benar lebar dan besar. Sepertinya dari kayu jati pilihan. Begitu memasuki pintu utama, aroma hio menyeruak di seluruh ruangan. Sebuah altar perabuan berhiaskan lampu warna-warni menyambut kami. Altar ini untuk mengenang sang empunya rumah. Beberapa furniture kuno berupa almari dan peralatan rumah tangga lainnya masih tersimpan rapi di salah satu kamar. Ubin terakota merah yang sudah mulai tergerus adalah saksi bisu langkah-langkah kejayaan masa lalu rumah ini. 

Rumah seluas 5.500 m2 ini terdiri dari rumah induk bagian depan, rumah tinggal di bagian belakang dan gudang. Disebut Rumah Candu Lawang Ombo karena pada sekitar tahun 1.800an rumah ini merupakan salah satu pusat gudang candu/opium yang diselundupkan dari kapal-kapal dagang yang berlabuh di Lasem untuk kemudian diedarkan ke seluruh pulau Jawa, diantaranya ke Semarang, Parakan dan Magelang. Salah satu bukti sejarah perdagangan candu di Lasem kala itu adalah lubang kecil yang terletak di dalam bangunan induk. Lubang ini terhubung langsung dengan Sungai Bagan yang ada di depan rumah. Konon dulunya lubang ini berdiameter 3 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Namun karena sungai sering meluap ketika air laut pasang dan masuk ke rumah, saat ini lubang diperkecil hanya menjadi berdiameter 1 meter saja.




4. Masjid Jami’ Lasem



Bukan sekedar masjid biasa. Interiornya penuh dengan kaligrafi dan ukiran kayu khas pantura timur Jawa. Lokasinya yang berada di jalan raya utama membuat masjid ini mudah dijangkau. Orang-orang datang kesini selain untuk menunaikan ibadah sholat, banyak juga yang datang untuk berziarah ke makam waliullah yang disemayamkan di sekitar masjid. Diantaranya ada makam Mbah Sambu, salah seorang penyebar agama Islam zaman Kerajaan Majapahit. Ada juga makam Adipati Tejakusuma 1 dan makam simbah KH Ma’shum, salah seorang ulama besar Lasem yang dihormati hingga sekarang. Sebutan lain untuk Lasem adalah kota santri, karena banyaknya pondok pesantren disini.

sekilas mengenai masjid Jami' Lasem

Adipati Tejokusumo I sebagai Bupati Lasem dari generasi ke-empatsetelah Bupati Santi Puspo, pada tahun 1585 dan menempatkan pusat kekuasaannya di Soditan. Tiga tahun setelah menjadi adipati, dengan membangun Masjid Jami' Lasem tahun 1588 berada di sebelah barat alun-alun. HIngga kini masjid ini masih megah setelah mengalami pemugaran-pemugaran. Adipati Tejokusumo meninggal pada tahun 1632.

Untuk selanjutnya, karena jabatan adipati di Lasem kosong maka Sultan Agung dari Mataram mengangkat Cik Go Ing sebagai adipati dengan gelar Tumenggung Mertoguno. Setelah meninggal, Adipati Tejokusumo I dimakamkan disebelah barat Masjid Jami' Lasem yang sekarang terletak di dusun Kauman, desa Karangturi, kecamatan Lasem. Disebelah barat laut masjid juga terdapat sebuah makam yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama makam Mbah Sambu yang dikatakan merupakan seorang Cina yang menyebarkan agama islam di derah ini pada masa Tejokusumo I. Makam Tejokusumo I terletak di sebuah halaman yang dikelilingi oleh tembok bata.

Di dalam areal tembok bata tersebut terdapat tiga makam yang berderet dari barat ke timur. Makam Adipati Tejokusumo I terletak di bagian paling barat. Dua makam lainnya tidak dikenal hingga kini. Jirat makam Tejokusumo I terbuat dari batu bata yang disusun secara bertumpuk semakin ke atas semakin mengecil. Pada setiap sudut dan bagian tengah dari masing-masing sisi jirat terdapat hiasan dengan motif simbar. Adapaun nisan pada makam ini terbuat dari batu andesit yang dibentuk kurawal dengan hiasan medalion pada bagian tengah. Adapun makam Mbah Sambu dan istrinya yang berada di sebelah utara makam Adipati Tejokusumo I. Makam Mbah sambu dan istrinya berada di dalam cungkup yang berdenah bulat dan beratap kubah yang seluruhnya terbuat dari bata merah berlepa. Kemungkinan besar makam ini sudah dipugar. Di sebelah utara masjid terdapat bangunan terbuka yang terdapat makam-makam yang tidak dikenali identitasnya. Dengan melihat pada nisan-nisannya, tampak dengan jelas bahwa kompleks kuburan ini juga sudah cukup tua. Nisan-nisan yang bisa dilihat di situ sebagian terbuat dari batu andesit dengan bentuk kurawal dan gada.

5. Kampung Batik Karangturi dan Babagan

Belum ke Lasem kalau belum belanja batik. tiap daerah mempunyai cirikhas untuk batiknya, begitu juga dengan batik lasem ada beberapa motif untuk batik lasem diantaranya kricak, laseman, gunung ringgit, tiga negeri, dan motif klasik lainnya. Harganya juga relatif terjangkau. Pusat pengrajin batik di lasem berada di desa karang turi dan Babagan.

sekilas mengenai sejarah batik lasem

Sejarah Batik Lasem erat hubungannya dengan kedatangan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1413. Babad Lasem karangan Mpu Santri Badra di tahun 1401 Saka ( 1479 M,), ditulis ulang oleh R Panji Kamzah tahun 1858 menyebutkan, anak buah kapal Dhang Puhawang Tzeng Ho dari Negara Tiong Hwa, Bi Nang Un dan istrinya Na Li Ni memilih menetap di Bonag setelah melihat keindahan alam Jawa.

Di tempat mukim baru ini, Na Li Ni mulai membatik bermotifkan burung hong, liong, bunga seruni, banji, mata uang dan warna merah darah ayam khas Tiong Hwa. Motif ini menjadi ciri khas unik Batik Lasem.

Keunikan Batik Lasem itu mendapat tempat penting di dunia perdagangan. Pedagang antarpulau dengan kapal kemudian mengirim Batik Lasem ke seluruh wilayah Nusantara. Bahkan diawal abad XIX Batik Lasem sempat diekspor ke Thailand dan Suriname. Batik Lasem memasuki masa kejayaan.

Booming Batik Lasem membuat perajin menjadi semakin kreatif. Motif baru seperti latohan, gunung ringgit, kricakan atau watu pecah bermunculan. Syahdan perajin menciptakan motif kricakan karena terinspirasi penderitaan rakyat saat harus memecah batu-batu besar untuk dibuat jalan raya pos oleh Daendels.

Batik Lasem terus menorehkan catatan emas hingga jelang berakhirnya penjajahan kolonial. Para pengusaha Batik Lasem yang berasal dari kalangan Tionghoa mendapat tempat istimewa di penduduk pribumi karena membuka lapangan kerja yang banyak. 

Masa kejayaan batik yang menjadi ikon pembauran budaya Jawa dan Cina itu mulai menyurut tahun 1950-an. Penyebab utama kemunduran Batik Lasem adalah karena terdesak oleh maraknya batik cap di berbagai daerah. Selain itu, juga dikarenakan kondisi politik yang menyudutkan etnis Cina yang merupakan penguasa perdagangan Batik Lasem. 

Menurut data Forum Economic Development (Fedep) Rembang, tahun 1950-an ada sekitar 140 pengusaha Batik Lasem. Tahun 1970-an jumlahnya merosot hingga tinggal separo. Puncaknya tahun 1980-an pengusaha Batik Lasem hanya tinggal mencapai 7 orang saja yang aktif. Selanjutnya perkembangan Batik Lasem terus mengalami pasang dan surut.






6. Pantai Caruban dan Pantai Krang Jahe

    Pantai caruban

Pantai Caruban terletak di desa gedong mulyo kecamatan lasem. pantai yang terkenal dengan pasirnya yang halus dan bibir pantai yang luas ini menjadi pilihan destinasi wisata bahari bagi warga rembang.

dengan akses masuk yang mudah dan adanya tambak garam di sepanjang akses jalan masuk membuat perjalanan merasa nyaman dan tenang.

Saat sudah tiba di pantai kita akan di sambut dengan kesejukan pohon cemara dan angin pantai yang segar, ini lah yang membuat banyak wisatawan merasa betah berada di pantai tersebut.






    Pantai Krang Jahe 

Mari kita bergeser sedikit ke arah barat sekitar kurang lebih 1 Kilo Meter kearah barat, ada satu pantai lagi yang juga sangat mempesona yang di beri nama pantai Karang Jahe.

Pantai yang bersih dan berpasir putih di kelilingi pohon cemara yang rimbun menambah ke eksotisan pantai tersebut.

nama karang jahe berasal dari sebutan masyarakat yang dahulu melihat banyak sekalali karang - karang kecil seukuran jahe bertebaran di bibir pantai, dari situ lah nama karang jahe berasal.







7. Warung Kopi Lelet

Masyarakat lasem yang mempunyai kebiasaan minum kopi membuat menjamurnya warung kopi di kecamatan lasem. warung kopi yang di berinama oleh warga masyarakat dengan sebutan " kopi lelet "  kata lelet berasal dari bahasa jawa yang berarti oles.

Waraung tersebut menyajikan kopi hitam yang mempunyai rasa tradisional. bagi para perokok ampas kopi yang halus bisa di oleskan atau di " lelet "  ke batang rokok untuk menambah citarasa rokok. ini lah mengapa warung kopi yang ada di lasem selalu di sebut " warung kopi lelet ".

warga lasem yang mempunyai darah seni terutama membatik tak jarang menuangkan idenya di sebatang rokok tersebut. Alhasil olesan ampas kopi di sebatang rokok menjadi karya seni yang indah.






Editor : Bowik


Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment